Kritik Terhadap Pandangan Joel B. Green Mengenai Monism

Penulis

  • Pieter Kurnia Sekolah Tinggi Teologi Reformed Injili Indonesia
  • Benyamin Intan STTRII

DOI:

https://doi.org/10.51688/VC8.1.2021.art6

Kata Kunci:

monism, neuroscience, metafisik, dualistis

Abstrak

Green mengklaim monism jauh lebih konsisten dibandingkan pemisahan tubuh dan jiwa atau dikenal dengan dualistis. Green mengatakan manusia adalah manusia utuh dan tidak memiliki aspek metafisik. Segala aspek “metafisik” seperti keinginan, kehendak dan setiap keputusan terjadi karena dua hal. Pertama, adanya reaksi kimia di dalam otak atau akibat dari  konsep neuroscience dan kedua, aspek relasi  manusia. Green berusaha membuktikan hal tersebut dengan menggunakan teks-teks Alkitab dan pendekatan studi kata. Namun pandangan ini bermasalah karena menyebabkan identitas manusia hilang ketika mengalami kematian dan menjadi pribadi yang baru ketika dibangkitkan. Oleh sebab itu, artikel ini akan mengevaluasi klaim-klaim Green mengenai monism. Adapun evaluasi ini akan dikaji dan dibahas berdasarkan sudut pandang Reformed.

Statistik

Data terunduh belum tersedia.

Referensi

Babcock, Joel Hamme Bryan C. and Justin David Strong, “Hammurabi, Code

of,” ed. John D. Barry et al., The Lexham Bible Dictionary (Bellingham,

WA: Lexham Press, 2016).

Beale, G. K. The Book of Revelation: A Commentary on the Greek Text. New

International Greek Testament Commentary. Grand Rapids, MI;

Carlisle, Cumbria: W.B. Eerdmans; Paternoster Press, 1999.

Brueggemann, Walter. Theology of the Old Testament: Testimony, Dispute,

Advocacy. Minneapolis, MN: Fortress Press, 2005.

Cole, R. Alan. Exodus: An Introduction and Commentary. Vol. 2. Tyndale Old

Testament Commentaries. Downers Grove, IL: InterVarsity Press, 1973.

Cooper, John W. Body, Soul, and Life Everlasting: Biblical Anthropology and the

Monism-Dualism Debate. Grand Rapids, MI; Cambridge, U.K.: William

B. Eerdmans Publishing Company, 2000.

Green, Joel B. Body, Soul, and Human Life: The Nature of Humanity in the Bible.

Edited by Craig G. Bartholomew and Christopher R. Seitz. Studies in

Theological Interpretation. Grand Rapids, MI: Baker Academic, 2008.

_____, ed. In Search of the Soul: Four Views of the Mind-Body Problem. Eugene,

OR: Wipf & Stock, 2010.

_____, “Three Exegetical Forays Into The Body-Soul Discussion”, Criswell

Theological Review, CTR 7/2 (Spring 2010), 3-18

_____, “Eschatology and the Nature of Humans: A Reconsideration of

Pertinent Biblical evidence”, Science & Christian Belief· S & CB (2002),

, 33-50

MacKay, Donald. Brains, Machines, and Persons Grand Rapids: Eerdmans,

Waters, Larry J. “The Believer’s Intermediate State after Death,” Bibliotheca

Sacra 169, no. 673–676 (2012): 291.

Williamson, Paul R. Death and the Afterlife: Biblical Perspectives on Ultimate

Questions. Edited by D. A. Carson. Vol. 44. New Studies in Biblical

Theology. London; Downers Grove, IL: Apollos; InterVarsity Press,

Unduhan

Diterbitkan

2021-01-26

Cara Mengutip

Kurnia, P., & Intan, B. (2021). Kritik Terhadap Pandangan Joel B. Green Mengenai Monism. Verbum Christi: Jurnal Teologi Reformed Injili, 8(1). https://doi.org/10.51688/VC8.1.2021.art6