Beralih ke bagian utama Beralih ke menu navigasi utama Beralih ke bagian footer website
Artikel
Diterbitkan: 2022-05-10

Ekaristi, Epiclesis, dan Anamnesis Menurut Michael Welker dan Alexander Schmemann sebagai Diskusi Oikumenis Reformed dengan Ortodoks Timur

Sekolah Tinggi Teologi Reformed Injili Internasional, Indonesia
##plugins.generic.jatsParser.article.authorBio##
×

Jeconiah Lunardi

Penulis adalah mahasiswa pascasarjana di Sekolah Tinggi Teologi Reformed Injili Internasional (STTRII) yang saat ini sedang praktek pelayanan di Gereja Reformed Injili Indonesia (GRII) di Cikarang

Sekolah Tinggi Teologi Reformed Injili Internasional, Indonesia
##plugins.generic.jatsParser.article.authorBio##
×

Billy Kristanto

Billy Kristanto adalah gembala sidang Gereja Reformed Injili Indonesia yang tersebar di Eropa. Minat penelitiannya terkait dengan teologi dan musik. Karya tulisnya termuat di jurnal nasional dan internasional. Beberapa di antaranya bertopik: Calvin dan Potensi Pemikirannya bagi Ibadah Kristen, Luther's »Christian Liberty« and Secularism, dan Exil und religiöse Identität in einigen Kantaten von Johann Sebastian Bach.

Perjamuan Kudus epiclesis oikumenis ekaristi

Abstrak

Tulisan ini bertujuan untuk memperlihatkan bahwa semangat oikumenis dalam ekaristi adalah benar berdasarkan Alkitab, doktrin gereja tradisi Reformed, dan Ortodoks Timur. Dengan melakukan studi pustaka untuk membandingkan pemikiran dua teolog dari dua tradisi tersebut, yaitu Michael Welker dan Alexander Schmemann, tulisan ini menemukan bahwa perjamuan kudus menyatukan dimensi vertikal dan dimensi horizontal yang membuat umat Tuhan dari segala abad segala tempat bersatu sebagai gereja yang kudus dan am, serta bersatu dengan Kristus yang hadir setiap kali perjamuan kudus dilakukan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

  1. Fahlbusch, Erwin. The Encyclopedia of Christianity. Grand Rapids: W. B. Eerdmans Publishing, 2001.
  2. Polkinghorne, John, dan Michael Welker, ed. The End of the World and the Ends of God: Science and Theology on Eschatology. Harrisburg: Trinity Press International, 2000.
  3. Schmemann, Alexander. For the Life of the World: Sacraments and Orthodoxy. St. Vladimir’s Seminary Press, 1973.
  4. ———. The Eucharist: Sacrament of the Kingdom. Crestwood, NY: St. Vladimir’s Seminary Press, 1988.
  5. Welker, M., dan J. F. Hoffmeyer. What Happens in Holy Communion? W. B. Eerdmans Publishing, 2000.
  6. Welker, Michael. God the Revealed: Christology. Grand Rapids: W. B. Eerdmans Publishing, 2013.
  7. ———. “Holy Spirit and Holy Communion.” Word & World 23, no. 2 (2003): 154–59. https://wordandworld.luthersem.edu/issues.aspx?article_id=1344.
  8. ———. “The Body of Christ, Holy Communion, and Canonic Memory.” Word & World 22, no. 2 (2002): 164–69. https://wordandworld.luthersem.edu/issues.aspx?article_id=1343.
  9. ———. “Who is Jesus Christ for Us Today?” Harvard Theological Review 95, no. 2 (April 2002): 129–46. https://doi.org/10.1017/S0017816002000093.

Cara Mengutip

Lunardi, J., & Kristanto, B. (2022). Ekaristi, Epiclesis, dan Anamnesis Menurut Michael Welker dan Alexander Schmemann sebagai Diskusi Oikumenis Reformed dengan Ortodoks Timur. Verbum Christi: Jurnal Teologi Reformed Injili, 9(1), 67–85. https://doi.org/10.51688/VC9.1.2022.art4